Apa Akibat Minum Air Keran Untuk Kesehatan?

Minum Air Keran – Menurut penelitian yang beredar, dalam tubuh manusia setidaknya terdiri dari sekitar 70 persennya adalah air. Maka dari itu, manusia perlu mengonsumsi air untuk setiap harinya agar tetap hidup dengan baik dan sehat. Namun, air yang dikonsumsi juga bukan air yang sembarangan.

Kita semua perlu konsumsi air yang jernih dan bersih. Akan tetapi, sumber air yang tersedia dan aksesnya cepat yaitu air keran. Apa akibatnya jika minum air keran langsung untuk kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini.

Definisi Air Keran

Air keran merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut air yang dapat diperoleh melalui keran di rumah atau pada fasilitas umum. Air keran umumnya berasal dari sistem pasokan air perkotaan atau desa yang mengalir melalui jaringan pipa dan diatur oleh keran untuk mengatur aliran air.

Apakah Air Keran Mentah Boleh Dikonsumsi?

Tentu saja tidak, air keran mentah tidak boleh untuk dikonsumsi. Air keran mentah merujuk pada air yang belum diolah atau diproses melalui sistem pengolahan air sebelum sampai ke keran atau kran. Air seperti ini dapat mengandung berbagai jenis kotoran, bakteri, virus, parasit, dan zat-zat berbahaya lainnya yang berpotensi menyebabkan penyakit jika dikonsumsi.

Apa Jadinya Jika Minum Air Keran Mentah?

Mengonsumsi air keran mentah, yang artinya air yang belum diolah atau diproses, dapat menyebabkan berbagai efek kesehatan yang serius. Berikut ini efek yang bisa timbul jika mengonsumsi air keran yang mentah, tanpa melalui proses lebih lanjut:

Gangguan Pencernaan

Air keran mentah bisa mengandung berbagai jenis bakteri, virus, dan parasit yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, mual, muntah, dan perut kembung.

Infeksi Saluran Kemih

Air yang terkontaminasi dapat mengandung bakteri yang menyebabkan infeksi pada saluran kemih, yang menyebabkan gejala seperti rasa terbakar saat buang air kecil, sering buang air kecil, dan nyeri di daerah perut atau panggul.

Penyakit Usus

Beberapa mikroorganisme dalam air keran mentah, seperti Cryptosporidium dan Giardia, dapat menyebabkan penyakit usus yang serius, terutama pada orang-orang yang punya sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Penyakit Kulit Dan Infeksi

Kandungan bakteri dan kotoran dalam air mentah dapat menyebabkan infeksi pada kulit dan luka, terutama jika terjadi kontak langsung dengan air yang terkontaminasi.

Penyakit Terserang Parasit

Air yang tercemar dapat mengandung parasit seperti Schistosoma, yang menyebabkan penyakit schistosomiasis yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius termasuk kerusakan organ dalam.

Risiko Kesehatan Jangka Panjang

Pemaparan terus-menerus terhadap air keran mentah yang terkontaminasi dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, terutama pada sistem pencernaan, ginjal, dan hati.

Risiko Kesehatan pada Bayi Dan Anak-Anak

Anak-anak, terutama bayi, lebih rentan terhadap efek negatif dari air keran mentah karena sistem kekebalan tubuh mereka yang belum sepenuhnya berkembang.

Risiko Penyakit Menular

Jika ada penyakit menular seperti wabah penyakit yang disebabkan oleh air terkontaminasi, mengonsumsi air keran mentah dapat meningkatkan risiko tertularnya penyakit tersebut.

Gangguan Gizi

Air yang terkontaminasi dapat mengandung bahan kimia atau logam berat yang dapat mengganggu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Kenapa Tidak Bisa Langsung Minum Air Keran?

Air keran tidak bisa langsung diminum karena air tersebut biasanya belum diproses atau diolah secara cukup untuk memastikan keamanan dan kualitasnya. Beberapa alasan mengapa air keran tidak bisa langsung diminum adalah sebagai berikut:

Terkontaminasi

Air keran bisa terkontaminasi oleh berbagai zat berbahaya, seperti bakteri, virus, parasit, kotoran, pestisida, bahan kimia, logam berat, dan zat polutan lainnya. Kontaminasi ini bisa berasal dari sumber air, sistem pipa, atau instalasi rumah tangga.

Risiko Penyakit

Mengonsumsi air yang terkontaminasi dapat menyebabkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, seperti infeksi saluran kemih, gangguan pencernaan, penyakit kulit, dan masalah kesehatan lainnya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Proses Pengolahan

Air keran biasanya belum melalui proses pengolahan penuh saat keluar dari keran. Proses pengolahan yang tepat diperlukan untuk menghilangkan kontaminan dan mikroorganisme berbahaya dari air sebelum dikonsumsi.

Bahan Kimia Dan Logam Berat

Air keran dapat mengandung bahan kimia dan logam berat yang berasal dari sistem pipa, seperti timah, seng, tembaga, atau kadmium, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang jika terakumulasi dalam tubuh.

Kualitas Air Yang Bervariasi

Kualitas air keran dapat bervariasi di setiap daerah dan sistem pasokan air. Ada daerah yang mungkin memiliki air keran yang aman untuk dikonsumsi, tetapi ada juga daerah dengan kualitas air yang diragukan.

Risiko Pada Kelompok Rentan

Bayi, anak-anak, orang tua, dan individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah lebih rentan terhadap efek negatif air keran yang terkontaminasi.

Pentingnya Konsumsi Air Bersih

Konsumsi air bersih sangatlah penting untuk kesehatan dan kehidupan kita. Air bersih merupakan sumber kehidupan yang esensial bagi tubuh manusia karena memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan tubuh dan menghindari berbagai penyakit.

Minum Air Keran

Menjaga Kesehatan Tubuh

Air bersih membantu menjaga kesehatan organ tubuh seperti ginjal, hati, dan jantung. Selain itu, air juga membantu dalam proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Mengatur Suhu Tubuh

Air membantu mengatur suhu tubuh melalui proses berkeringat. Ketika kita berkeringat, tubuh membutuhkan air untuk menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

Detoksifikasi

Air membantu dalam proses pembuangan zat-zat sisa dan racun dari tubuh melalui urin dan keringat. Dengan mengonsumsi cukup air bersih, kita membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami.

Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi bisa terjadi ketika tubuh anda kehilangan lebih banyak air daripada air yang dikonsumsi. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti kelelahan, pusing, hingga masalah ginjal.

Mendukung Fungsi Otak

Air juga berperan dalam meningkatkan fungsi otak. Kekurangan cairan dapat menyebabkan gangguan konsentrasi, kebingungan, dan penurunan kinerja kognitif.

Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan mengonsumsi air yang cukup, kulit kita akan tetap terhidrasi dan tampak lebih segar serta bebas dari masalah kulit seperti kering, pecah-pecah, atau iritasi.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Air bersih membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan penyakit. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan lebih mampu melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Penampungan Air Bersih Di Toren Air

Sebagai wadah penampungan air bersih yang anda dapatkan dari berbagai sumber, disarankan menggunakan toren air dari GRAND. Toren yang satu ini tidak mudah ditumbuhi jamur, lumut, virus, maupun mikroorganisme yang dapat mencemari air bersih milik anda. Toren air GRAND juga punya ketahanan yang baik pada perubahan cuaca yang ekstrim.

Penutup

Jadi, dengan penjelasan artikel ini, anda sebaiknya berpikir ulang lagi jika minum air keran secara langsung. Karena bisa berdampak pada kesehatan anda serta keluarga lainnya. Untuk penyimpanan air bersih, solusinya dengan menggunakan toren air dari GRAND. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk anda sekalian.
Artikel terkait :  10 Rekomendasi Tandon Air Untuk Industri, Khusus Pabrik Bisa Custom Ukuran¬†