10 Rekomendasi Pipa Air Yang Cocok Untuk Tandon 

10 Rekomendasi Pipa Air Yang Cocok Untuk Tandon 

Pipa Air Bersih – Bagi siapa saja yang mempunyai tandon air, kebutuhan akan air bersih yang tersedia secara cukup merupakan suatu hal yang penting. Terutama jika daerah tersebut sulit untuk mendapatkan air, maka kebutuhan akan tandon air menjadi hal yang diperlukan. Agar air dari tandon bisa mengalir dengan baik dan lancar, bisa melalui pipa air.

Pada penjelasan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa rekomendasi pipa air yang cocok untuk tandon. Hal ini agar akses air pada tandon bisa lebih mudah melalui pipa air.

Fungsi Pipa Air Pada Tandon

Memiliki pipa yang terpasang pada tandon air memiliki beragam fungsi yang dapat memudahkan anda untuk mengakses air bersih. Pipa dapat berperan penting menjadi penghubung antara tandon dengan pendistribusian air pada bangunan atau tempat tinggal. Sehingga air dapat dialirkan ke berbagai titik pada rumah atau bangunan tersebut.

 

10 Rekomendasi Pipa Air Yang Cocok Untuk Tandon 

Untuk Mengatur Tekanan Air

Pipa yang terpasang pada tandon memiliki fungsi untuk mengatur tekanan air yang keluar dari keran air maupun peralatan rumah tangga lainnya. Sistem pipa pada tandon yang dirancang dapat memberikan tekanan air yang cukup guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, pipa pada tandon juga dapat menghindarkan dari penggunaan air yang boros.

Artikel terkait :  Jual Tandon Air di Palangkaraya Gratis Ongkos Kirim, Berikut Tokonya

Memastikan Aliran Air Yang Seimbang

Pipa air yang dirancang sedemikian mungkin pada tandon memberikan kemudahan agar air dapat mengalir baik dari tandon sampai ke berbagai penjuru. Ini dapat memudahkan anda untuk mendapatkan air dari tandon dengan mudah tanpa harus membuka tandonnya. Sehingga dapat mengurangi kontaminasi pada tandon air secara berlebihan dan memastikan aliran air yang seimbang.

10 Rekomendasi Jenis Pipa Untuk Tandon Air

Sebenarnya terdapat beragam jenis pipa yang digunakan untuk mengalirkan air bersih dari tandon sampai ke berbagai titik yang diperlukan baik untuk bangunan maupun tempat tinggal itu sendiri. Beberapa rekomendasi tersebut dapat anda lihat berikut ini:

PVC (Polyvinyl Chloride)

Pipa PVC merupakan salah satu pilihan yang populer untuk digunakan pada tandon air. Jenis PVC ini memiliki ketahanan yang cukup pada karat. Bahan yang satu ini juga ringan, mudah pemasangannya, dan terjangkau.

PE (Polyethylene)

Jenis PE merupakan pipa plastik yang memiliki ketahanan yang cukup terhadap karat maupun pada tekanan tinggi. PE ini biasanya digunakan pada tandon yang ukurannya besar karena mempunyai daya tahan dan kekuatan yang cukup baik.

Besi

Terkadang ada juga pipa yang terbuat dari besi Galvanis yang biasanya pada tandon air. Pipa ini memang memiliki ketahanan yang cukup terhadap karat. Akan tetapi, pipa jenis yang satu ini bobotnya lebih berat dan pemasangannya juga sulit jika dibandingkan dengan jenis plastik.

Tembaga

Bahan selanjutnya pada pipa yang dapat anda temukan yaitu yang terbuat dari Tembaga. Pipa dengan bahan Tembaga ini mempunyai ketahanan yang cukup terhadap karat. Namun, jenis satu ini cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

PPR (Polypropylene Random)

Jenis PPR ini merupakan pipa yang ketahanannya cukup baik pada panas, sehingga biasanya dipakai untuk tandon yang sering terpapar sinar matahari maupun cuaca panas. Selain itu, pipa jenis ini mempunyai ketahanan yang cukup pada karat.

Artikel terkait :  Rekomendasi Kunci Pipa Air Beserta Harganya Terbaru

HDPE (High-Density Polyethylene)

Pipa yang berjenis HDPE ini mempunyai ketahanan dan kekuatan tinggi terhadap perubahan cuaca atau suhu. Pipa ini juga memiliki ketahanan yang baik pada korosi. Jenis HDPE ini sering dipakai dalam proyek-proyek tandon air besar atau untuk penyaluran air pada jarak jauh.

Galvanis

Pipa yang satu ini merupakan besi yang memiliki lapisan seng untuk dapat melindungi dari karat. Akan tetapi pipa jenis ini perlu perawatan yang berkala karena lapisannya bisa menipis. Jika menipis, maka pipa Galvanis ini bisa berkarat dan dapat mengontaminasi air yang melewati pipa tersebut.

Polipropilena

Jenis pipa yang satu ini memiliki ketahanan yang cukup pada panas maupun kimia. Biasanya pipa ini dapat ditemukan pada tandon-tandon air yang menyimpan air panas atau bahan kimia tertentu.

PEX (Fleksibel)

Ada juga jenis pipa PEX yang cukup mudah untuk pemasangannya dan memiliki ketahanan yang cukup pada karat. Anda dapat menemukannya pada pemasangan pipa yang fleksibel.

Stainless Steel

Yang terakhir ada pipa yang terbuat dari bahan stainless steel. Pipa yang satu ini memiliki daya tahan yang baik pada karat dan suhu tinggi. Sehingga biasanya cocok dan sering dipakai dalam industri-industri yang sering kontak dengan suhu tinggi maupun bahan kimia.

Tandon Air Dilengkapi Dengan Pipa

Namun kini anda tidak perlu khawatir. Karena perusahaan Tedmond Groups menghadirkan tandon air yang sudah dilengkapi dengan pipa transparan. Tandon air yang dimaksud yaitu tandon air dari GRAND yang variannya Auto Drain. Pipa transparan pada tandon air ini digunakan untuk melihat indikator air pada tandon, sehingga mudah untuk menguras dan mengontrol air dalam tandon satu ini.

Artikel terkait :  Rekomendasi Ukuran Toren Air Diatas Dan Ditanam

 

10 Rekomendasi Pipa Air Yang Cocok Untuk Tandon 

Tandon Air Yang Anti Lumut Dan Jamur

Tandon air Auto Drain dari GRAND ini terbuat dari bahan berkualitas yang mempunyai ketahanan yang baik terhadap suhu tinggi atau cuaca ekstrim. Hal ini menjadikan tandon air ini bisa anda taruh di dalam atau di luar ruangan. Selain itu, pada tandon Auto Drain dari GRAND ini sudah dilengkapi dengan penopang dan pelampung otomatis untuk mengisi air ke tandon.

Akhir Kata

Anda bisa mendapatkan tandon air Auto Drain ini pada marketplace kesayangan seperti Tokopedia dan Shopee. Jadi, demikian penjelasan mengenai rekomendasi pipa untuk tandon air. Jika anda tidak ingin ribet, gunakan saja tandon air Auto Drain yang sudah dilengkapi dengan pipanya. Terima kasih sudah menyimak artikel ini sampai habis.