Tips Pengolahan Air Bersih Secara Efektif

Tips Pengolahan Air Bersih Secara Efektif

Pengolahan Air Bersih – Pengolahan air bersih adalah serangkaian proses yang dirancang untuk mengubah air dari sumber alami atau air mentah menjadi air yang aman, bersih dan sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan untuk berbagai keperluan.

Bagaimana cara mengolah air bersih secara efektif? Nah, artikel berikut ini akan membahas tentang tips pengolahan air bersih secara efektif. Yuk, simak sampai selesai ya.

Pengertian Air Bersih

Air bersih adalah air yang telah melewati serangkaian proses pengolahan untuk menghilangkan kontaminan, zat-zat berbahaya, mikroorganisme patogen, partikel-partikel tidak diinginkan dan bahan kimia yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan manusia.

Air bersih merupakan tujuan utama dari proses pengolahan air untuk memberikan masyarakat dengan pasokan air yang aman, bersih dan layak konsumsi serta sesuai dengan standar kesehatan dan lingkungan yang berlaku.

Ciri-Ciri Air Bersih

Air bersih memiliki sejumlah ciri khas yang membedakannya dengan air yang terkontaminasi oleh zat tertentu. Berikut adalah beberapa ciri umum air bersih:

  1. Tidak memiliki bau atau rasa yang aneh
  2. Memiliki kecerahan yang baik
  3. Tidak mengandung partikel kasar seperti lumpur, pasir atau endapan lain yang membuat warna air terlihat keruh
  4. Telah memenuhi standar kualitas air yang ditetapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku
  5. Aman untuk diminum dan dapat digunakan untuk keperluan lainnya tanpa adanya resiko kesehatan
Artikel terkait :  Produsen Kubus Apung HDPE Indonesia Untuk Pelampung Dermaga

Tips Pengolahan Air Bersih Secara Efektif

Tips Pengolahan Air Bersih Secara EfektifPengolahan air bersih secara efektif memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan manusia, lingkungan dan keperluan lainnya.

Sehingga , pengolahan air bersih yang dilakukan secara efektif harusnya melibatkan pemahaman yang mendalam tentang proses pengolahan, teknologi yang digunakan serta standar kualitas yang harus dipenuhi.

Pahami Sumber Air

Mengetahui sumber air anda adalah langkah penting dalam merencanakan pengolahan yang efektif. Kualitas air mentah dan kontaminan yang mungkin ada di dalamnya akan mempengaruhi tahap-tahap pengolahan yang diperlukan.

Rencanakan Dan Desain Dengan Teliti

Buat rencana pengolahan air yang sesuai dengan kebutuhan dan sumber daya yang tersedia. Pertimbangkan desain instalasi pengolahan yang efisien dan dapat diandalkan.

Gunakan Teknologi Yang Tepat

Pilih teknologi pengolahan yang sesuai dengan jenis kontaminan yang ada dalam air mentah. Teknologi yang tepat akan membantu memaksimalkan efisiensi pengolahan dan hasil yang diinginkan.

Pemeliharaan Yang Baik

Pemeliharaan terhadap peralatan dan sistem pengolahan sangat penting. Peralatan yang baik dan terawat akan bekerja lebih efisien dan menghindari kerusakan yang tidak terduga.

Optimalkan Tahap Pengolahan

Pastikan bahwa setiap tahap pengolahan dijalankan dengan benar dan dalam urutan yang sesuai. Pengoptimalan tahap-tahap ini dapat meminimalkan kerugian dan memaksimalkan hasil.

Kualifikasi Dan Pelatihan

Pastikan yang bertanggung jawab atas pengolahan air memiliki pelatihan yang memadai dan kualifikasi untuk mengoperasikan peralatan dan mengawasi proses dengan benar.

Pengawasan Kualitas

Lakukan pengawasan kualitas secara teratur selama seluruh proses pengolahan. Uji laboratorium dan pengukuran lapangan membantu memastikan bahwa air yang dihasilkan memenuhi standar yang ditetapkan.

Inovasi Dan Pembaruan

Terus perbarui pengetahuan dan teknologi terkini dalam pengolahan air. Inovasi dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pengolahan.

Artikel terkait :  Apa Warna Terbaik Untuk Tandon Air Yang Direkomendasikan? 

Tangki Air Grand 12000 Liter

Tangki Tandon Toren Air Grand 12000 LiterTangki air Grand 12000 liter merupakan tangki air berbahan HDPE yang berukuran 12000 liter dengan dilengkapi nepel tanam.

Memiliki 3 lapisan pelindung, dimana lapisan luar dilapisi dengan pelindung sinar UV untuk melindungi tangki air dari cuaca esktrim agar lebih awet dan tahan lama.

Lapisan tengah tangki air ini berwarna gelap untuk mencegah sinar matahari masuk agar menghambat pertumbuhan lumut atau mikroorganisme lainnya.

Sedangkan lapisan dalamnya sudah berkualitas FDA sehingga aman dijadikan wadah penyimpanan air untuk dikonsumsi.

Spesifikasi dari tangki air Grand yang satu ini adalah sebagai berikut:

  • Volume : 12000 liter
  • Tinggi (dengan tutup): 3520 mm
  • Tinggi (tanpa tutup): 3310 mm
  • Diameter: 2170 mm

Tangki air Grand bisa anda letakkan diatas tanah. Menempatkan tangki diatas tanah dalam pengolahan air bersih dapat memiliki sejumlah manfaat. Antara lain:

  • Lebih mudah diakses untuk pemeliharaan, pembersihan dan pengawasan
  • Memudahkan pengujian kualitas air karena dapat memgambil sampel air dari tangki
  • Pengelolaan limbah dari proses pengolahan atau pembersihan tangki bisa lebih terkendali dan tidak merusak lingkungan sekitar
  • Dapat membantu mengatur tekanan air yang lebih baik
  • Rendahnya resiko kontaminasi pada tangki air

Tangki Tanam Grand 12000 Liter

Tangki Toren Tandon Tanam Grand 12000 LiterTangki Tanam Grand 12000 liter ini terbuat dari bahan 100% HDPE yang telah bersertifikasi FDA sehingga membuatnya cocok sebagai wadah penyimpanan air bersih.

Dirancang lebih kokoh dibandingkan tangki biasa karena memeiliki 3 lapis ketebalan. Terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi, membuatnya tahan terhadap goncangan yang ada didalam tanah. Dilengkapi dengan pelampung otomatis yang memudahkan anda saat melakukan pengisian air.

Spesifikasi tangki tanam Grand 12000 liter ini adalah sebagai berikut:

  • Volume : 12000 liter
  • Tinggi (dengan tutup): 3600 mm
  • Tinggi (tanpa tutup): 3470 mm
  • Diameter: 2150 mm
Artikel terkait :  Harga Tangki Air 2000 Liter Terbaik Dan Termurah

Meletakkan tangki dibawah atau didalam tanah dalam proses pengolahan air bersih menjadi pilihan yang cocok dalam kondisi tertentu. Berikut alasan mengapa tangki tanam cocok untuk pengolahan air bersih:

  • Lebih estetika karena tampilan lingkungan terlihat lebih bersih dan tidak terganggu
  • Tidak memakan ruangan apalagi jika ruangannya terbatas
  • Terlindungi dari cuaca dan suhu yang ekstrim
  • Awet dan tahan lama
  • Tahan terhadap goncangan yang terjadi didalam tanah

Mengapa Harus Tangki Air 12000 Liter?

Tangki air yang diletakkan diatas tanah maupun dibawah tanah dengan ukuran 12000 liter sangat cocok digunakan untuk pendukung pengolahan air bersih. Tangki dengan kapasitas 12000 liter dapat digunakan untuk berbagai tujuan dalam instalasi pengolahan air bersih, seperti:

  • Dapat digunakan untuk menyimpan sementara air yang telah diolah sebelum didistribusikan ke jaringan distribusi
  • Dapat digunakan untuk proses penyesuaian kualitas, seperti penyesuaian pH atau penambahan bahan kimia tertentu sebelum air diarahkan ke jaringan distribusi
  • Dapat berfungsi sebagai cadangan jika ada masalah dengan pasokan air mentah atau masalah teknis dalam instalasi pengolahan
  • Dapat membantu mengatur pasokan air yang stabil dan merata ke jaringan distribusi
  • Dapat digunakan untuk menguji kualitas air yang dihasilkan sebelum dilepaskan ke jaringan distribusi, untuk memastikan bahwa air memenuhi standar yang ditetapkan.

Penutup

Itulah tadi tips pengolahan air bersih secara efektif yang mungkin bisa anda ikuti. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi.