Apa Itu Valve Pada Kran Air, Berikut Jenis – Jenisnya

Apa Itu Valve Pada Kran Air, Berikut Jenis – Jenisnya – Kran air sudah menjadi kebutuhan untuk menyalurkan air dengan baik. Tanpa kran air, tentunya tidak dapat mengalirkan air ke segala penjuru dengan mudah. Namun masih banyak yang belum mengetahui apa itu valve pada kran air. Secara pengertian, Valve atau katup merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pipa air. Valve pada kran air digunakan untuk mengatur aliran air dalam sistem pipa, mulai dari membuka, mengurangi, hingga menutup aliran air. Sebenarnya apa itu  Valve pada kran air? Seberapa pentingkah Valve pada kran air? Pastinya anda semakin penasaran dengan apa itu Valve pada air serta jenis-jenisnya apa saja. Jadi, untuk tahu lebih dekat mengenai Valve pada kran air ini, bisa disimak penjelasan berikut ini

Apa Itu Valve Pada Kran Air, Berikut Jenis – Jenisnya – Apa Itu Valve Pada Kran Air?

Valve pada kran air yaitu merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk mengontrol aliran air yang keluar dari kran. Valve biasanya terletak di dalam kran dan terhubung dengan pipa air di belakangnya. Fungsinya adalah untuk membuka atau menutup aliran air dengan memutar pegangan atau tuas yang terletak di atas kran. Jenis valve yang digunakan tergantung pada kebutuhan dan ukuran pipa air yang digunakan. Selain itu, material yang digunakan untuk membuat valve pada kran harus sesuai dengan jenis air yang mengalir di dalam pipa agar tidak cepat berkarat atau rusak.

Perlukah Valve Pada Kran Air?

Valve pada kran air sangat penting untuk menjaga kualitas aliran air dan mencegah kebocoran atau kerusakan pada sistem pipa. Ketika valve pada kran tidak berfungsi dengan baik, bisa menyebabkan aliran air menjadi tidak stabil atau bahkan tidak keluar sama sekali. Oleh karena itu, penting untuk menjaga dan merawat valve pada kran dengan baik agar tetap berfungsi dengan optimal. Jika terjadi masalah pada valve pada kran air, sebaiknya segera perbaiki atau ganti dengan yang baru. Hal ini akan mencegah kerusakan yang lebih parah pada sistem pipa dan juga menghindari pemborosan air akibat kebocoran. Dengan menjaga valve pada kran air dalam kondisi yang baik, maka penggunaan air di dalam rumah atau bangunan akan lebih efisien dan aman.

Artikel terkait :  Kekurangan Tandon Air Galvanis, Ini Detailnya

Jenis Valve Pada Kran Air

Setelah mengetahui pentingnya Valve pada kran air, maka berikut ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis Valve pada kran air. Jenis-jenisnya yaitu antara lain :

Globe Valve

Valve kran air jenis Globe merupakan jenis Valve yang digunakan untuk mengatur aliran air dalam sistem pipa. Valve Globe terdiri dari sebuah disc yang ditempatkan di dalam body, dimana disc tersebut berfungsi untuk membuka atau menutup aliran air. Ketika disc dinaikkan, maka aliran air akan terbuka dan ketika disc diturunkan, maka aliran air akan tertutup. Valve Globe memiliki karakteristik aliran yang berkelok-kelok, sehingga katup ini sering digunakan untuk mengatur aliran air pada sistem pipa yang memerlukan pengaturan aliran yang akurat dan stabil.

Ball Valve

Ball Valve merupakan salah satu jenis valve yang sering digunakan pada sistem pipa air. Valve ini terdiri dari bola (ball) yang ditempatkan di dalam body, dimana bola tersebut berfungsi sebagai pengatur aliran air. Ketika bola ditekan ke dalam body, maka aliran air tertutup, dan ketika bola ditarik keluar, maka aliran air terbuka. Jenis Ball Valve yang satu ini sering digunakan pada sistem pipa air karena memiliki beberapa kelebihan, seperti kemampuan untuk mengatur aliran air yang cepat dan efektif. Selain itu jenis Valve satu ini tahan terhadap tekanan yang tinggi.

Gate Valve

Gate Valve atau Valve berbentuk pintu merupakan jenis Valve yang terdiri dari plate atau pintu, berfungsi untuk membuka dan menutup aliran air. Pintu tersebut ditempatkan di dalam body dan digerakkan secara vertikal dengan menggunakan handle atau roda gigi. Ketika pintu Gate Valve dinaikkan, maka aliran air akan terbuka secara penuh, sehingga aliran air menjadi lebih lancar dan minim gesekan. Sebaliknya, ketika pintu diturunkan, maka aliran air tertutup secara rapat dan mencegah terjadinya kebocoran atau aliran balik (backflow). Gate valve memiliki karakteristik aliran yang lurus dan minim gesekan, sehingga dapat mengurangi kehilangan tekanan pada sistem pipa air.

Check Valve

Check valve pada valve kran air merupakan salah satu jenis katup yang dirancang untuk memastikan bahwa air mengalir hanya ke satu arah dan mencegah aliran balik. Check valve pada kran air terutama berguna untuk mencegah air kotor atau limbah dari mengalir kembali ke dalam pipa air bersih. Check valve umumnya terpasang di antara pipa masuk dan keluar kran. Saat aliran air dimulai, katup pemeriksa akan membuka dan memungkinkan air mengalir ke arah yang diinginkan. Namun, ketika aliran air berhenti atau berbalik arah, check valve akan menutup dan mencegah aliran balik ke pipa masuk.

Diaphragm Valve

Diaphragm valve merupakan salah satu jenis katup yang menggunakan sebuah membran elastis atau diafragma yang terbuat dari bahan karet atau plastik sebagai penghubung antara katup dan batang katup. Diaphragm valve pada kran air umumnya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu body valve, diafragma, dan stem atau batang katup. Ketika handle atau tuas pada kran air diputar, batang katup akan menekan diafragma ke atas atau ke bawah, sehingga mengatur aliran air yang masuk dan keluar dari kran. Salah satu keunggulan valve diafragma mudah dirawat dan dapat digunakan pada berbagai jenis media seperti air, gas, dan bahan kimia.

Kelebihan Menggunakan Valve Pada Kran Air

Terdapat kelebihan menggunakan valve pada kran air yaitu diantaranya :
  • Mengatur aliran air: Valve pada kran air memungkinkan pengguna untuk mengatur aliran air yang keluar dari kran, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan menghemat penggunaan air.
  • Memastikan keamanan dan kualitas air: Valve pada kran air dapat membantu mencegah kontaminasi air dan memastikan kualitas air yang aman untuk digunakan.
  • Meningkatkan daya tahan kran air: Valve pada kran air dapat meningkatkan daya tahan dan umur pakai kran air.
  • Menyesuaikan dengan kebutuhan: Ada berbagai jenis valve yang tersedia untuk kran air, sehingga anda dapat memilih jenis valve yang sesuai dengan kebutuhan dan keperluannya.
Artikel terkait :  Berbagai Rambu Lalu Lintas Dan Maknanya Yang Wajib Diketahui

Kekurangan Menggunakan Valve Kran Air

Selain kelebihan, tentunya terdapat kekurangan dalam menggunakan valve kran air, kekurangannya yaitu antara lain :
  • Risiko kerusakan: Valve pada kran air dapat mengalami kerusakan, seperti kebocoran, karat, atau penyumbatan yang dapat mengganggu kinerjanya.
  • Biaya yang mahal: Beberapa jenis valve pada kran air dapat memiliki biaya yang mahal untuk membeli dan memasangnya.
  • Memerlukan perawatan: Valve pada kran air memerlukan perawatan yang rutin dan berkala untuk memastikan kinerjanya tetap optimal dan mencegah terjadinya kerusakan.
  • Memerlukan pengalaman dan pengetahuan khusus: Pemasangan dan perbaikan valve pada kran air memerlukan pengalaman dan pengetahuan khusus dalam bidang pipa air dan plumbing.

Menjaga Valve Kran Air Agar Tetap Baik

Ternyata banyak juga jenis valve kran air yang dapat dijumpai dengan mudah. Selain kelebihan yang ditawarkan pada valve kran air, terdapat juga kekurangan pada valve kran air. Maka dari itu, agar valve kran air tetap terjaga dengan mudah, dapat menggunakan tangki air. Tangki air yang tepat bisa menggunakan tangki air GRAND. Mengapa harus menggunakan tangki air GRAND? Karena tangki air GRAND menggunakan bahan HDPE 100% yang terkenal tidak mudah bocor dan tidak mudah berkarat. Selain itu, untuk pemasangan dan perawatan tangki air GRAND ini mudah, sehingga bagi dapat menghemat waktu dan biaya pengeluaran anda.

Penutup

Tangki air GRAND juga tahan terhadap cuaca ekstrim dan suhu tinggi. Jadi, anda tidak perlu khawatir karena air yang tersimpan didalamnya tetap terjaga kualitasnya. Sehingga air bersih dalam tangki air GRAND dapat mengalir ke berbagai penjuru  bangunan tanpa perlu takut air terhambat. Itulah tadi uraian lengkap mengenai apa itu Valve pada kran air, jenis-jenis valve pada kran air, serta kelebihan dan kekurangan dari valve kran air itu sendiri. Pastikan menggunakan tangki air GRAND agar valve kran air dapat terjaga dengan baik. Sampai jumpa pada ulasan berikutnya, semoga ulasan ini bermanfaat ya.

Artikel terkait :  Traffic Cone Jalan, Anti Mleyot dan Tahan Panas