Mengenal Jenis Rambu Lalu Lintas Beserta Artinya

Mengenal Jenis Rambu Lalu Lintas Beserta Artinya

Rambu Lalu Lintas – Rambu lalu lintas adalah tanda-tanda atau markah yang digunakan di jalan-jalan dan sekitar lingkungan lalu lintas untuk memberikan informasi, peringatan atau perintah kepada pengendara kendaraan bermotor, pejalan kaki, dan pengguna jalan lainnya. 

Jenis Dan Arti Dari Rambu Lalu Lintas

Rambu lalu lintas dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. Di mana arti rambu lalu lintas adalah pesan atau informasi yang disampaikan oleh rambu-rambu yang terpasang di jalan atau sekitar lingkungan lalu lintas.

Rambu Peringatan

Rambu Peringatan

Jenis rambu lalu lintas yang dirancang untuk memberikan peringatan kepada pengemudi tentang kondisi atau bahaya di depannya. Rambu ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan pengemudi sehingga dapat mengambil tindakan yang tepat untuk menghindari kecelakaan atau situasi berbahaya.

Peringatan Tikungan Tajam

Arti dari rambu peringatan ini adalah ada tikungan tajam yang akan dihadapi sehingga pengemudi diingatkan untuk mengurangi kecepatan dan berhati-hati saat melewati tikungan tersebut.

Peringatan Turunan Curam

Menyatakan bahwa jalan akan menurun dengan kemiringan yang curam sehingga pengemudi harus mengurangi kecepatan agar dapat mengendalikan kendaraannya dengan baik saat menuruni turunan tersebut.

Artikel terkait :  Ciri-Ciri Kerucut Lalu Lintas / Pembatas Jalan Kualitas Terbaik

Peringatan Pejalan Kaki

Menandakan bahwa ada penyeberangan pejalan kaki di depan. Pengemudi diharapkan memberikan prioritas kepada pejalan kaki yang akan menyeberang jalan.

Peringatan Banyak Pintu Keluar

Menandakan bahwa ada banyak pintu keluar dari jalan tol atau jalan raya di depan. Sebagai pengemudi, Anda harus mengetahui jalur yang benar untuk tujuan dengan mengambil jalur yang sesuai.

Peringatan Gangguan Lalu Lintas

Menunjukkan adanya gangguan lalu lintas di depan, seperti kecelakaan atau konstruksi jalan. Sehingga kecepatan harus diperlambat dan bersiap untuk kemacetan atau perubahan dalam rute perjalanan.

Rambu Larangan

Rambu Larangan

Jenis rambu lalu lintas yang digunakan untuk memberikan larangan kepada pengemudi atau pengguna jalan lainnya. Rambu ini untuk menjelaskan apa yang tidak boleh dilakukan di suatu tempat atau situasi tertentu di jalan raya.

Larangan Berbelok

Melarang pengemudi untuk berbelok ke kiri atau ke kanan di persimpangan yang ditandai sesuai dengan arah yang dilarang.

Larangan Parkir

Merupakan larangan parkir di tempat tersebut atau larangan meninggalkan kendaraan di lokasi ini.

Larangan Berhenti

Larangan bagi pengemudi untuk berhenti di lokasi yang telah ditandai. Sehingga pengemudi harus melanjutkan perjalanan tanpa berhenti di sana, kecuali dalam keadaan darurat.

Larangan Kendaraan Bermotor

Melarang kendaraan bermotor untuk masuk ke area tertentu seperti zona pejalan kaki.

Larangan Merokok

Biasanya terletak di area tertentu yang melarang merokok seperti dalam ruangan tertutup atau di dalam kendaraan tertentu.

Rambu Perintah

Rambu Perintah

Jenis rambu lalu lintas yang dirancang untuk memberikan perintah atau peraturan kepada pengemudi atau pengguna jalan lainnya. Rambu ini untuk menerapkan peraturan demi menjaga keselamatan dan kelancaran lalu lintas.

Perintah Berhenti

Memerintahkan pengemudi untuk berhenti sepenuhnya pada titik yang ditandai oleh rambu ini. Pengemudi harus berhenti sepenuhnya dan hanya boleh melanjutkan perjalanan jika aman.

Artikel terkait :  Harga Traffic Cone Lentur dan Super Kuat

Perintah Mengikuti Arah Jalan

Memberikan instruksi kepada pengemudi untuk mengikuti arah jalan yang ditandai dan hanya boleh bergerak ke arah tersebut.

Perintah Kecepatan Maksimum

Menyatakan batas kecepatan maksimum yang diizinkan di jalan tersebut dan pengemudi harus mematuhi batasan kecepatan ini.

Perintah Jalur Sepeda

Menunjukkan bahwa jalur tertentu adalah jalur sepeda dan hanya boleh digunakan oleh pengendara sepeda.

Perintah Prioritas

Menginstruksikan pengemudi untuk memberikan prioritas kepada kendaraan yang datang dari arah lain atau yang telah berada di persimpangan.

Rambu Informasi

Rambu Informasi

Jenis rambu lalu lintas yang dirancang untuk memberikan informasi atau petunjuk kepada pengemudi atau pengguna jalan lainnya. Rambu ini bertujuan untuk memberikan informasi yang berguna tentang lokasi, jarak, arah atau tempat-tempat penting di sekitar jalan.

Informasi Fasilitas Umum

Menyediakan informasi tentang fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, stasiun kereta api, bandara atau area rekreasi.

Informasi Layanan Rest Area

Menunjukkan arah menuju rest area atau restoran, tempat istirahat dan fasilitas layanan lainnya di jalan tol atau jalan raya.

Informasi Keluaran Jalan Tol

Memberikan informasi tentang keluaran atau exit jalan tol yang akan datang, termasuk tujuan-tujuan yang dapat dicapai melalui keluaran tersebut.

Informasi Tempat Parkir

Menunjukkan arah menuju area parkir, baik parkir umum, parkir mobil atau tempat parkir khusus.

Informasi Restoran Dan Penginapan

Menunjukkan arah menuju restoran atau penginapan terdekat untuk kebutuhan perjalanan.

Markah Jalan

Markah Jalan

Adalah tanda-tanda atau penanda yang tergambar atau di cat pada permukaan jalan untuk mengatur pergerakan kendaraan dan pejalan kaki serta memberikan informasi tentang aturan lalu lintas. Markah jalan ini memiliki berbagai arti tergantung pada bentuk, warna dan lokasinya.

Artikel terkait :  Waspada! Ketahuilah Penyebab Jalan Berlubang

Garis Tengah Jalan

Garis berwarna putih atau kuning yang terletak di tengah jalan dan memisahkan arah lalu lintas yang berlawanan. Pengemudi harus mengikuti garis tengah jalan sesuai arah perjalanan dan dilarang melintasi garis ini kecuali jika aman untuk dilakukan.

Garis Pinggir Jalan

Garis berwarna putih yang terletak di sisi jalan dan menandai batas jalan. Pengemudi harus mengikuti garis pinggir jalan dan dilarang melintasinya.

Markah Pejalan Kaki

Tanda-tanda dan garis-garis khusus yang menunjukkan lintasan pejalan kaki. Pengemudi harus memberikan hak lintas kepada pejalan kaki yang berada di markah ini.

Panah Arah Jalan

Panah yang mengindikasikan arah yang harus diikuti oleh kendaraan di persimpangan atau pertigaan.

Markah Jalur Sepeda

Markah khusus yang menunjukkan jalur sepeda. Kendaraan lain harus menghindari atau tidak masuk ke jalur ini kecuali jika diperbolehkan.

Traffic Cone Grand

Traffic Cone Grand

Terbuat dari soft PVC, Traffic Cone Grand tahan terhadap benturan dan tidak mudah berubah bentuk. Memiliki warna yang tahan lama dan tidak mudah pudar. Traffic cone memanglah bukan rambu lintas, namun merupakan alat penanda atau tanda pengaman yang digunakan dalam pengaturan lalu lintas dan konstruksi jalan.

Fungsi Traffic Cone Dalam Pengaturan Lalu Lintas:

  • Penanda area berbahaya
  • Pengalihan lalu lintas
  • Penanda pejalan kaki
  • Penanda lokasi darurat
  • Pengendalian lalu lintas
  • Penanda acara publik

Penutup

Demikianlah jenis rambu lalu lintas beserta artinya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.