Apa Itu Plastik PET: Pengertian, Karakteristik & Jenisnya

Apa Itu Plastik PET Pengertian, Karakteristik & Jenisnya

Apa Itu Plastik PET – Plastik adalah suatu bahan sintesis atau polimer yang dapat diubah bentuknya melalui proses produksi yang melibatkan polimerisasi atau penggabungan molekul-molekul kecil menjadi rantai molekul yang panjang.

Salah satu contohnya adalah plastik PET. Apa sebenarnya plastik PET itu? Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang pengertian, karakteristik dan jenis dari plastik PET. Mari simak artikelnya!

Pengertian Plastik PET

Pengertian Plastik PET

Polyethylene Terephthalate atau PET adalah suatu resin polimer plastik termoplastik dari kelompok poliester. PET dapat berwujud padatan amorf (transparan) atau sebagai bahan semi kristal yang putih dan tidak transparan tergantung pada proses dan riwayat termalnya.

Karakteristik Plastik PET

Plastik PET memiliki sifat transparan yang membuat isi di dalamnya terlihat. Karakteristiknya yang kuat dan lentur dapat menghindari risiko botol pecah saat proses produksi, distribusi dan penyimpanan.

Dalam dunia farmasi, botol PET kini sudah banyak digunakan karena mampu memenuhi persyaratan standar mutu. PET memiliki ketahanan yang baik terhadap beberapa bahan-bahan kimia.

Contohnya saja seperti pada bahan Vaseline, Paraffin, Mineral Oil, Castor Oil, Ammonium Chloride (pure-solid), Ammonium Sulphate (pure-solid), Benzoic Acid (pure-solid), Butane (pure-liquid), Glycerol (pure-liquid) Propylene Glicol (pure-liquid), Salicylic Acid (pure-solid), Zinc Chloride (pure-solid), dan lain-lain.

Untuk karakteristik plastik jenis ini sangat mudah untuk di daur ulang oleh karena itu, sangat cocok untuk digunakan untuk jangka waktu yang panjang.

Plastik PET juga aman digunakan pada kemasan pangan tekstur yang keras dan ringan menjadi kelebihan agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Artikel terkait :  Jenis Dan Macam - Macam Dongkrak Mobil, Khusus Sopir Harus Punya

Plastik dari PET memiliki rentang suhu penggunaan yang luas diantaranya -60 sampai 130 derajat celcius. Jenis plastik PET karakteristiknya tidak mudah patah dan pecah, untuk itu sangat cocok digunakan untuk atap rumah karena lebih awet dan tidak mudah pecah.

Jenis Jenis Plastik PET

Jenis Jenis Plastik PET

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa PET adalah suatu resin polimer plastik termoplastik dari kelompok poliester. Pada tahun 1970an, jenis polimer ini dikembangkan sebagai bahan baku produksi botol dan hanya digunakan untuk kemasan minuman soft drinks.

Namun, di zaman modern seperti saat ini botol PET juga digunakan sebagai kemasan air minum, minyak goreng dan botol obat. Tentu saja, agar botol PET ini aman digunakan maka harus memenuhi persyaratan standar mutu yang telah ditentukan. Persyaratan standar mutu ini seperti:

  1. Dapat disesuaikan dengan kecepatan mesin kemasan yang tinggi
  2. Bersifat inert yang artinya tidak beracun, tidak menimbulkan bau dan rasa dan tidak reaktif pada produk
  3. Melndungi bentuk isi didalamnya dari kerusakan dan pengaruh berbagai kondisi lingkungan yang ada
  4. Telah bersertifikasi FDA (Food and Drug Administration). Di mana, terbukti lolos uji stabilitas dengan kualitas, identitas, kekuatan dan kemurnian bentuk isi didalamnya yang terlindungi selama periode kadaluwarsa.

Atap Plastik Berbahan PET

Atap Plastik Berbahan PET

Ternyata, plastik PET tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan baku botol saja melainkan sebagai bahan baku atap juga. Atap Grand Luxe merupakan pelopor atap berbahan PET di Indonesia yang menerapkan prinsip pelestarian, perlindungan dan pengelolaan lingkungan.

Terdapat tiga warna yang bisa Anda pilih yaitu warna transparan, merah dan hijau. Atap Grand Luxe ini memiliki banyak kelebihan diantaranya adalah harganya yang ekonomis, aman bagi kesehatan, ramah lingkungan dan multifungsi.

Artikel terkait :  Apa Itu Plastik Polypropylene? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Keunggulan Bahan PET Untuk Atap

Jika Anda bertanya mengapa harus memilih Atap Grand Luxe yang terbuat dari bahan PET. Artinya Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja keunggulan bahan PET jika digunakan sebagai atap. Berikut ini adalah beberapa keunggulan bahan PET untuk atap.

  • PET memiliki beban yang ringan sehingga memudahkan proses pemasangan dan mengurangi beban struktural pada bangunan.
  • PET dapat bertahan dalam berbagai kondisi cuaca dan lingkungan karena memiliki ketahanan terhadap korosi.
  • Dapat melindungi bangunan dari efek buruk sinar matahari seperti pemanasan berlebih dan perubahan warna.
  • Dapat memberikan pencahayaan alami yang masuk kedalam ruangan sehingga lebih hemat listrik.
  • PET memiliki kekuatan mekanik yang baik sehingga mampu memberikan ketahanan struktural terhadap beban angin dan beban lainnya.
  • Lebih ramah lingkungan karena plastik PET dapat didaur ulang dengan mudah.
  • Memiliki umur pakai yang panjang dan harga yang ekonomis.

Atap Grand Luxe Untuk Apa Saja?

Atap Grand Luxe Untuk Apa Saja

Atap Grand Luxe bisa digunakan dalam berbagai pengaplikasian. Seperti kanopi, gazebo, taman, rumah minimalis, industri dan lainnya. Jadi, Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan sesuai desainnya yang modern.

Pemesanan atap yang satu ini sangat mudah ya. Anda hanya cukup mengklik link dibawah ini saja dan dapatkan atap modern dengan banyak pilihan warna.

Dapatkan Diskon Special untuk Pembelian Atap Plastik dari Grand Hanya Hari ini!

order via WhatsApp

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap tentang apa itu plastik PET. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi.