Perbedaan Kode 201 Dan 304 Pada Stainless Steel

Perbedaan Kode 201 Dan 304 Pada Stainless Steel – Dalam kehidupan sehari-hari, stainless steel sudah kita temui pada berbagai peralatan yang biasanya digunakan. Mulai dari peralatan makan, peralatan memasak, hingga alat-alat kesehatan, banyak yang menggunakan bahan stainless steel ini. Terdapat beragam jenis stainless steel yang bisa ditemukan. Namun, meskipun bahan stainless steel ini sudah menyatu dengan kehidupan sehari-hari, masih banyak yang belum mengetahui perbedaan kode yang ada pada jenis stainless steel ini. Pada penjelasan kali ini akan dipaparkan mengenai perbedaan kode 201 dan 304 pada jenis stainless steel yang ada. Agar anda sekalian tidak ketinggalan infonya, anda bisa menyimak dengan baik ulasan menarik berikut ini.

 

Perbedaan Kode 201 Dan 304 Pada Stainless Steel – Pemberian Kode Pada Stainless Steel

Yang menjadi pertanyaan mengapa stainless steel perlu diberi kode? Kode pada stainless steel sendiri sebenarnya memiliki banyak fungsi penting. Kode pada stainless steel memungkinkan pengidentifikasian yang mudah dan cepat terhadap jenis dan karakteristik material. Dengan melihat kode, bagi yang menggunakannya dapat mengetahui komposisi kimia dan sifat-sifat mekanik dari stainless steel tersebut. Kode stainless steel juga membantu dalam pemilihan material yang sesuai untuk aplikasi tertentu. Dengan mengetahui kode pada stainless steel, maka anda dapat memahami karakteristik, kekuatan, dan ketahanan terhadap karat dari stainless steel tersebut.

Artikel terkait :  Harga Tandon Air 250 Liter, Termurah dan Bebas Lumut

 

Peran Kode Pada Stainless Steel

Pemberian kode pada stainless steel juga berperan dalam menjaga konsistensi dan kualitas produk. Produsen suatu barang dapat mengikuti standar dan spesifikasi yang terkait dengan kode tertentu, sehingga memastikan kualitas produk stainless steel yang dihasilkan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kode pada stainless steel membantu dalam menjaga kompatibilitas antara berbagai komponen atau struktur yang terbuat dari stainless steel. Dengan mengetahui kode yang sama, bagi seseorang yang menggunakannya dapat memastikan penggantian atau penggunaan stainless steel baru yang sejalan dengan material yang sudah ada.

Kode 201 Pada Stainless Steel

Kode 201 pada stainless steel mengacu pada jenis stainless steel tertentu yang memiliki komposisi kimia dan sifat-sifat mekanik yang spesifik dengan kode 201. Stainless steel dengan kode 201 memiliki komposisi kimia yang khas. Umumnya, stainless steel ini mengandung sekitar 16-18% kromium, 3.5-5.5% nikel, 0.08-0.10% karbon, dan sejumlah kecil elemen tambahan seperti mangan, silikon, fosfor, dan belerang. Stainless steel tipe 201 memiliki ketahanan terbatas terhadap korosi jika dibandingkan dengan stainless steel tipe lain. Stainless steel dengan kode 201 ini lebih rentan terhadap karat terutama pada lingkungan yang agresif atau terkena air garam. Stainless steel 201 juga memiliki magnetisme yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis stainless steel lain.

 

Kode 304 Pada Stainless Steel

Stainless steel dengan kode 304 ini mengandung sekitar 18-20% kromium dan 8-10.5% nikel. Stainless steel tipe 304 juga mengandung unsur tambahan seperti mangan, silikon, fosfor, dan belerang. Komposisi ini memberikan stainless steel tipe 304 kombinasi yang baik antara ketahanan terhadap korosi dan kekuatan mekanik. Salah satu keunggulan utama stainless steel 304 adalah ketahanannya terhadap korosi. Kromium dalam komposisinya membentuk lapisan oksida yang melindungi permukaan stainless steel dari korosi. Lapisan oksida ini membuat stainless steel tipe 304 tahan terhadap karat yang ada pada atmosfer, karat air biasa, maupun karat terhadap sebagian besar bahan kimia.

Artikel terkait :  Rekomendasi Sikat Pembersih Toren Untuk Membersihkan Toren Air GRAND

 

Komposisi Kimia Antara Stainless Steel Kode 304 Dan Kode 201

Terdapat perbedaan mendasar antara stainless steel dengan kode 304 dan kode 201 ini. Dari seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa pada komposisi kimia stainless steel tipe 304 ini mempunyai kandungan kromium dan nikel yang lebih tinggi dibandingkan yang ada pada stainless steel 201. Kandungan komposisi kimia yang lebih tinggi pada stainless steel 304 memberikan ketahanan yang baik terhadap karat dan kekuatan mekanik yang baik pada stainless steel kode ini. Sedangkan pada kode 201, komposisi kimia yaitu kandungan kromium dan kandungan nikelnya lebih rendah. Menjadikan stainless steel kode 201 ini memiliki kekuatan mekanik dan ketahanan terhadap karat yang lebih rendah daripada kode 304.

Penggunaan Yang Disarankan Pada Kedua Tipe Stainless Steel Ini

Stainless steel kode 304 ini umumnya digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk peralatan dapur, pada tangki air, peralatan medis, peralatan kimia, pipa dan fitting, perlengkapan otomotif, perlengkapan industri, dan banyak lagi. Kode 304 ini cocok untuk diaplikasikan ke peralatan yang membutuhkan kekuatan mekanik yang tinggi dan ketahanan korosi yang baik. Sedangkan pada stainless steel kode 201 biasanya digunakan dalam aplikasi yang tidak membutuhkan ketahanan korosi yang sangat tinggi, seperti dekorasi, furnitur, perlengkapan rumah tangga, atau elemen struktural yang tidak terpapar lingkungan yang keras. Selain itu, sifat dari stainless steel kode 201 ini lebih lembut dan kurang tahan dibandingkan dengan stainless steel yang memiliki kode 304 ini.

Tangki Air Berbahan Stainless Steel Kode 304

Salah satu penggunaan bahan stainless steel pada peralatan sehari-hari yaitu pada tangki air. Tangki air yang memiliki bahan stainless steel dengan kode 304 ini yaitu tangki air stainless steel dari GRAND. Tangki air stainless steel GRAND ini terbuat dari bahan stainless steel kode 304 Bright Annelead yang langsung diimpor dari Jepang. Permukaan Bright Annelead pada tangki air GRAND ini menjadikannya mudah untuk dibersihkan dan mempunyai desain yang mengkilap. Sehingga tangki air stainless steel GRAND ini memberikan kesan mewah dan elegan jika diletakkan pada bangunan anda.

Keunggulan Tangki Air Stainless Steel

Salah satu keunggulan dari tangki air stainless steel GRAND ini yaitu dapat menyimpan cairan kimia dengan baik yang ber-pH 2,0 hingga 7,0. Sehingga cocok untuk digunakan pada keperluan industri atau pabrik yang memerlukan penyimpanan cairan kimia tertentu. Tangki air stainless steel GRAND juga tahan terhadap suhu tinggi, jadi air atau cairan yang tersimpan didalamnya tetap terjaga kualitasnya. Anda sekalian dapat meletakkan tangki air stainless steel GRAND ini dimana saja, karena tangki air stainless steel GRAND ini tahan terhadap cuaca ekstrim. Tangki air stainless steel GRAND tidak mudah berkarat juga tidak mudah ditumbuhi lumut.

Penutup

Jadi agar dapat menyimpan air dalam jumlah banyak dan tetap aman terjaga, solusinya dengan menggunakan tangki air stainless steel GRAND ini. Bahan stainless steel 304 berkualitas pada tangki air stainless steel GRAND ini memiliki ketahanan yang bagus dan tidak mudah berkarat. Sehingga cocok untuk digunakan jangka panjang dan untuk menyimpan air bersih atau cairan kimia tertentu. Sekian dulu ulasan mengenai perbedaan kode 201 dan kode 304 pada stainless steel ini. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan baru bagi anda sekalian. Sampai jumpa pada artikel menarik berikutnya.