Inspirasi Penggunaan Asbes Plastik, Hemat dan Aesthetic

Inspirasi Penggunaan Asbes Plastik – Asbes plastik merupakan sebuah material yang terbuat dari serat mineral dan sering diaplikasikan pada bangunan.Ditemukan pertama kali pada zaman kerajaan romawi,  asbes plastik mulai sering digunakan pada tahun 1900-an karena memiliki sifat tahan panas, tahan api, tahan keausan. Selain harganya yang terjangkau, asbes plastik paling sering digunakan sebagai atap dikarenakan fungsi atap yakni sebagai pelindung dari panas, hujan serta debu yang sangat cocok dengan sifat asbes plastik.

Rekomendasi Penggunaan Asbes Plastik

Terdapat 6 material yang terkandung dalam asbes plastik yaitu crocidolite, chrysotile, actinolite,  anthophyllite, amsosite dan tremolite. Karakternya yang tipis dan bertekstur membuatnya dapat dibentuk menjadi berbagai hal. Sehingga sering digunakan dalam pembangunan. Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh asbes plastik sehingga sering digunakan sebagai atap di indonesia yakni:

  1. Rendam bising hujan
  2. Tidak mengandung racun
  3. Anti UV
  4. Lebih ringan
  5. Mudah pemasangan
  6. Harga sangat terjangkau
  7. Memiliki banyak pilihan warna

Penerapan Asbes Plastik

Asbes Plastik memiliki banyak sekali fungsi dikarenakan tekstur dan sifatnya yang kuat dan teksturnya yang baik. Beberapa pemanfaatan dari asbes plastik adalah sebagai berikut:

  • Sebagai Atap Rumah

Sebagai fungsi utama, asbes plastik digunakan sebagai atap rumah dikarenakan dapat menahan air hujan dan dapat melindungi dari panas sinar matahari, serta tidak membuat ruangan menjadi panas. Selain sebagai atap rumah, asbes plastik juga dapat digunakan sebagai atap bangunan semi permanen atau sementara, seperti untuk rumah pekerja proyek, rumah hunian sementara untuk korban bencana dan lain-lain.

  • Sebagai Atap Tenda

Sebagai pelindung dari panas dan hujan, sebagai atap tenda posko bencana alam,  tenda rumah makan sementara, dan lain sebagainya. Selain lebih kokoh dari terpaan hujan dan panas, atap plastik untuk tenda juga lebih lancar mengalirkan air. Atap tenda ini biasanya digunakan untuk 

  • Sebagai Atap Teras

Sumber Gambar : Dekoruma

Pilihan model atap plastik transparan sangat cocok untuk digunakan pada teras rumah. Sehingga cahaya tetap bisa masuk, terlindungi dari air hujan. Material yang ringan tanpa perlu tiang penyangga yang besar.

 

  • Sebagai Bahan Membuat Pagar

Dapat diaplikasikan sebagai pagar, pengganti asbes seng, yang sering digunakan sebagai pagar proyek. Beberapa pagar rumah  dan  tanah kosong, dapat menggunakan asbes plastik.

  • Sebagai Atap Cafe Outdoor

Sangat cocok juga untuk cafe outdoor.  Dengan atap transparan pelanggan terlindungi dari panas dan hujan tanpa kehilangan panoramic view. Dapat pula digunakan atap kolam renang. Saat hujan, pengunjung tidak buyar.

  • Sebagai greenhouse 

Selain sebagai atap rumah, atap plastik juga dapat diaplikasikan sebagai greenhouse/ kandang ayam dimana green house ini diharuskan bisa meneruskan cahaya yang ada dan bisa menyaring cahaya ultra violet yang tinggi.

  • Atap Plastik Kolam Renang

Ouh ia salah satu hal yang banyak digunakan adalah mengunakan asbes plastik untuk fasilitas kolam renang dimana atap plastik ini diambil manfaatnya untuk dijadikan flter sinar Ultraviolet sehingga suhu tubuh dari perenang tetap stabil. Selain itu juga pemanfaatan atap plastik juga berguna untuk membantu pemandangan diluar tetap terang tanpa menggunakan lampu penerang.

Asbes Plastik Grand Roof

Dari beberapa fungsi asbes plastik diatas kita mengetahui betapa pentingnya kegunaan dari asbes plastik selain digunakan sebagai atap rumah. Namun, perlu diperhatikan bahwa terkadang asbes plastik juga mengandung bakteri yang dapat mengganggu kesehatan penggunanya. Jadi pastikan dulu bahwa asbes plastik yang anda gunakan telah steril dari bakteri dan kuman. Seperti asbes plastik Grand Roof yang sudah terbukti akan kesterilannya dan aman digunakan untuk berbagai kebutuhan. Kelebihan dari asbes plastik grand roof ini antara lain:

  • Anti UV
  • Tidak mudah bocor
  • Tidak mengandung racun
  • Harga yang terjangkau
  • Mudah untuk diaplikasikan
  • Ramah lingkungan 
  • Tersedia atap transparan dan berwarna

Semoga dari artikel mengenai fungsi asbes plastik, dapat menjadi sumber inspirasi penggunaan asbes dari plastik. Selain mendukung pengurangan sampah plastik botol sekali pakai, juga pengganti atap asbes yang membahayakan bagi kesehatan.