Berapa Liter Toren Untuk Rumah Tangga?, Berikut Cara Menghitungnya

Berapa Liter Toren Untuk Rumah Tangga?, Berikut Cara Menghitungnya – Tandon air merupakan salah satu bagian penting dalam rumah tangga yang berfungsi sebagai wadah penyimpanan air cadangan. Dalam situasi darurat seperti mati listrik atau kekeringan, tandon air akan menjadi penyelamat bagi kelangsungan hidup rumah tangga. Namun, untuk memilih tandon air yang tepat, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Artikel ini akan membahas cara menentukan tandon air yang cocok untuk rumah tangga.

Langkah Menentukan Kebutuhan Air

Langkah pertama dalam menentukan tandon air yang cocok adalah dengan menentukan kebutuhan air rumah tangga. Kebutuhan air rumah tangga dapat dihitung berdasarkan jumlah penghuni rumah tangga dan jenis kegiatan sehari-hari. Beberapa kegiatan yang membutuhkan banyak air antara lain mandi, mencuci baju, mencuci piring dan mencuci kendaraan. 

Untuk menghitung kebutuhan air, bisa digunakan rumus sebagai berikut:

  • (Kebutuhan air per orang per hari) x (jumlah penghuni rumah tangga) x (jumlah hari penyimpanan air) = kebutuhan air total

Kebutuhan air per orang per hari dapat bervariasi, tergantung dari kebiasaan sehari-hari. Secara umum, kebutuhan air per orang per hari adalah sekitar 20-30 liter. Jumlah hari penyimpanan air tergantung dari kebutuhan dan frekuensi pengisian tandon air.

Menentukan Kapasitas Tandon Air

Setelah menentukan kebutuhan air, selanjutnya perlu menentukan kapasitas tandon air. Kapasitas tandon air harus lebih besar dari kebutuhan air total, sehingga tandon air bisa memenuhi kebutuhan air selama beberapa hari. Selain itu, tandon air juga harus memiliki cadangan kapasitas untuk antisipasi kebutuhan air yang meningkat di masa depan. Kapasitas tandon air ideal untuk rumah tangga biasanya adalah 2-3 hari kebutuhan air. Sebagai contoh, jika kebutuhan air total per hari adalah 150 liter, maka tandon air dengan kapasitas 500 liter sudah cukup. Namun, jika ingin lebih aman, maka bisa memilih tandon air dengan kapasitas yang lebih besar, misalnya 750 liter.

Artikel terkait :  Kenapa Tandon Air Diletakkan Di Atas Rumah Atau Bangunan? Ini Penjelasannya

Memilih Bahan Tandon Air Untuk Rumah Tangga

Setelah menentukan kapasitas tandon air, langkah selanjutnya adalah memilih bahan tandon air yang sesuai. Bahan tandon air yang umum digunakan antara lain plastik, fiberglass dan stainless. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. 

Plastik adalah bahan yang paling sering digunakan karena mudah dipasang dan lebih ringan daripada bahan lainnya. Namun, kekurangan dari plastik adalah rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan suhu yang tinggi. 

Tandon air fiberglass terbuat dari bahan fibre reinforced plastic sehingga memiliki struktur yang lebih keras dibandingkan dengan bahan-bahan yang lainnya. Tandon jenis ini memiliki berat yang ringan dan harganya lebih ekonomis. Namun juga memiliki kekurangan seperti tidak tahan dengan sinar UV, strukturnya tidak tahan lama, bahan fiberglass bisa terlarut di dalam air dan rentan mengalami keretakan jika terbentur.

Stainless steel adalah salah satu bahan pembuatan tandon yang aman daripada jenis tandon lainnya. Perawatannya juga terbilang lebih mudah, karena jenis tandon ini anti lumut dan anti virus. Jadi tidak heran jika harga tandon air stainless steel lebih mahal daripada tandon plastik. Namun tandon jenis ini tidak disarankan untuk air sumber, hal  ini karena kandungan asam pada air tanah bisa membuat stainless steel jadi mudah berkarat.

Hitung Kapasitas Tandon Air yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui kebutuhan air perhari, perlu dilakukan perhitungan kapasitas tandon air yang dibutuhkan. Perhitungan ini penting untuk menentukan kapasitas tandon air yang ideal agar memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kapasitas tandon air yang diperlukan juga bisa dihitung berdasarkan jumlah anggota keluarga dan jumlah hari dalam seminggu di mana pengisian air bersih tidak tersedia. Perhitungan ini bisa dilakukan dengan rumus sebagai berikut:

  • Kapasitas tandon air = jumlah air yang dibutuhkan per hari x jumlah hari tanpa pengisian air
Artikel terkait :  pH Air Bersih Yang Sesuai Syarat Kimiawi, Berikut Informasinya

Contoh perhitungan:

Jika anggota keluarga berjumlah 5 orang dan setiap orang membutuhkan 75 liter air perhari, maka kebutuhan air total untuk keluarga tersebut adalah 375 liter perhari. Jika kemudian terdapat 2 hari dalam seminggu di mana pengisian air bersih tidak tersedia, maka perhitungan kapasitas tandon air yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Kapasitas tandon air = 375 liter x 2 hari = 750 liter

Dengan demikian, tandon air yang dibutuhkan adalah tandon air dengan kapasitas minimal 750 liter.

Pilih Jenis Tandon Air yang Sesuai

Setelah mengetahui kapasitas tandon air yang dibutuhkan, perlu dipilih jenis tandon air yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rumah tangga. Berikut ini beberapa jenis tandon air yang sering digunakan:

  1. Tandon air beton, tandon air ini terbuat dari bahan beton yang tebal dan kokoh sehingga tahan lama dan aman dari kerusakan akibat cuaca. Namun, pemasangan tandon air beton memerlukan biaya yang cukup mahal dan perlu dilakukan oleh tenaga ahli.
  2. Tandon air plastik, tandon air plastik lebih ringan dan mudah dipasang dibandingkan tandon air beton. Selain itu, tandon air plastik juga lebih ekonomis dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun, tandon air plastik lebih rentan terhadap kerusakan dan tidak sekuat tandon air beton.
  3. Tandon air fiberglass, tandon air ini terbuat dari bahan fiberglass yang tahan terhadap korosi dan bahan kimia. Selain itu, tandon air fiberglass juga lebih ringan dan mudah dipasang. Namun, harga tandon air fiberglass lebih mahal dibandingkan tandon air plastik dan perlu dilakukan perawatan secara berkala untuk menjaga keawetannya.

Tandon Air yang Cocok Untuk Rumah Tangga

Dari faktor-faktor di atas, kita mengetahui terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tandon air yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Namun kita tidak perlu khawatir, karena ada tandon air terbaik dari GRAND yang sudah terbukti dapat terhindar dari segala bakteri dan menggunakan bahan yang kuat serta tahan panas, dan pastinya tersedia dengan berbagai macam ukuran yang dapat menampung hingga 12000 Liter air. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menentukan tandon air yang tepat untuk digunakan di rumah tangga. Terima Kasih.

Artikel terkait :  14 Inspirasi Kitchen Set Minimalis, Cocok Untuk Pasangan Baru Menikah