Bagaimana Perbedaan Tandon Air Stainless Dan Galvanis? Ini Ulasannya

Bagaimana Perbedaan Tandon Air Stainless Dan Galvanis? Ini Ulasannya – Terdapat beragam jenis tandon air yang ada di pasaran saat ini. Beberapa jenis dari tandon air diantaranya yaitu tandon air stainless steel dan tandon air Galvanis. Kedua jenis ini tandon air ini dapat dengan mudah anda temukan di toko-toko bahan bangunan terdekat. Namun, meski begitu tetap perlu mencermati dan meneliti bahan dari kedua jenis tandon ini agar anda tidak salah pilih. Karena pemakaian tandon air ini bisa anda gunakan dalam jangka panjang. Berikut ini kita akan mengulas mengenai perbedaan tandon air stainless steel dan tandon air galvanis itu seperti apa. Untuk mengetahui selengkapnya, simak terus ulasannya berikut ini.

 

Bagaimana Perbedaan Tandon Air Stainless Dan Galvanis? Ini Ulasannya – Pengertian Dari Stainless Steel

Mungkin dari anda seringkali mendengar bahan stainless steel ini, namun masih belum mengenal dengan pasti sebenarnya stainless steel itu apa. Stainless steel sendiri merupakan sejenis perpaduan logam yang terbuat dari besi, kromium, nikel, dan unsur lainnya. Salah satu komponen utama dalam stainless steel adalah kromium, yang memberikan lapisan pelindung pada permukaan logam. Kromium bereaksi dengan oksigen di udara dan membentuk lapisan tipis oksida kromium yang tidak terlihat. Lapisan ini melindungi logam di bawahnya dari proses oksidasi yang dapat menyebabkan karat.

 

Unsur Lain Pada Stainless Steel

Selain kromium, penambahan nikel juga memainkan peran penting dalam stainless steel. Nikel meningkatkan ketahanan terhadap karat dan kekuatan material. Selain itu, stainless steel juga dapat mengandung unsur lain seperti molibdenum, mangan, dan titanium, tergantung pada jenis dan karakteristik yang diinginkan. Stainless steel memiliki berbagai macam kegunaan dan aplikasi di berbagai industri. Misalnya saja, stainless steel sering digunakan dalam pembuatan peralatan dapur, peralatan medis, peralatan industri, konstruksi bangunan, serta yang terutama pada pembuatan tandon air.

Tandon Air Dari Bahan Stainless Steel

Tandon air stainless steel merupakan jenis tandon air yang terbuat dari bahan stainless steel. Seperti pada penjelasan sebelumnya, stainless steel sendiri berasal dari campuran logam yang tahan terhadap karat dan oksidasi. Menjadikan tandon air yang terbuat dari bahan stainless steel ini tahan terhadap karat dan kerusakan akibat reaksi kimia. Bahan stainless steel pada tandon air mampu melindungi tandon air dari pembentukan karat akibat kontak dengan air dan faktor lingkungan. Maka dari itu, tandon air dari bahan stainless steel memiliki umur pakai yang lebih lama.

Proses Galvanis Pada Tandon Air Galvanis

Untuk anda yang ingin mengetahui informasi tentang apa itu tandon air galvanis, bisa klik dan cek artikelnya disini. Proses galvanisasi pada tandon air galvanis yaitu suatu metode pelapisan tandon air dengan lapisan seng untuk melindungi logam dasar dari korosi dan memperpanjang umur tandon air tersebut. Galvanisasi pada tandon air melibatkan proses kimia atau elektrokimia di mana lapisan seng diterapkan pada permukaan logam tandon. Terdapat dua metode umum yang digunakan dalam proses galvanisasi tandon air galvanis, yaitu metode panas dan metode elektroplating.

Perbedaan Pada Tandon Air Stainless Dan Tandon Air Galvanis

Antara tandon air stainless steel dan tandon air galvanis, memiliki perbedaan yang signifikan. Agar anda dapat mempertimbangkan antara kedua jenis tandon air ini, maka berikut ini penjelasan perbedaan antara tandon air stainless steel dan tandon air galvanis, yaitu :

Dari Segi Bahan Yang Digunakan

  • Tandon Air Stainless Steel : Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa tandon air stainless steel ini menggunakan bahan-bahan perpaduan logam seperti besi, kromium, nikel, dan unsur lainnya. Selain tahan terhadap karat, bahan ini juga tahan terhadap suhu tinggi dan memiliki kekuatan yang baik. Tandon air stainless steel umumnya memiliki keunggulan dari segi desain dan tahan lama.
  • Tandon Air Galvanis: Tandon air galvanis terbuat dari logam dasar seperti besi atau baja yang dilapisi dengan lapisan seng melalui proses galvanisasi. Lapisan seng melindungi logam dasar dari sifat karat. Proses galvanisasi pada tandon air galvanis ini memberikan perlindungan agar tandon air galvanis tidak mudah berkarat dan tahan pada lingkungan.

Perlindungan Terhadap Karat

  • Tandon Air Stainless Steel : Stainless steel memiliki ketahanan alami terhadap korosi dan karat berkat lapisan kromium yang membentuk lapisan oksida pelindung di permukaannya. Ini membuat tandon air stainless steel tahan terhadap korosi bahkan dalam kondisi lingkungan yang keras. Tandon air stainless juga dapat bertahan dengan baik pada kondisi lingkungan yang ekstrim atau paparan bahan kimia pada cairan yang tersimpan pada tandon air stainless steel ini.
  • Tandon Air Galvanis : Tandon air galvanis dilapisi dengan lapisan seng melalui proses galvanisasi untuk melindungi logam dasar dari karat. Lapisan seng bertindak sebagai lapisan pelindung yang melindungi jika terjadi goresan atau kerusakan pada permukaan. Namun, lapisan seng pada tandon air galvanis dapat terkikis atau rusak seiring berjalannya waktu, terutama jika terjadi goresan atau celah pada permukaan. Sehingga perlindungan terhadap karatnya dapat berkurang.

Dari Segi Harga

  • Tandon Air Stainless Steel : Harga dari tandon air stainless steel ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari tandon air galvanis. Tandon air stainless steel merupakan bahan yang berkualitas dan melalui proses manufaktur yang kompleks. Namun, investasi dalam tandon air stainless steel dapat dianggap sebagai jangka panjang karena ketahanannya yang baik dan umur pakainya yang lebih lama.
  • Tandon Air Galvanis : Harga pada tandon air galvanis ini juga tidak jauh dengan tandon air stainless steel. Proses galvanisasi pada tandon air galvanis ini biasanya menggunakan metode yang relatif sederhana dan memerlukan biaya produksinya lebih rendah. Karena proses dan biaya yang digunakan untuk proses galvanisasi ini terbilang rendah, untuk pemakaian jangka panjang tandon air galvanis ini secara terus menerus dapat mengalami karat dan kerusakan pada bagian tertentu.
Artikel terkait :  Kenapa Menggunakan Septic Tank Plastik Lebih Aman?

 

Tandon Air Dengan Bahan Stainless Steel Berkualitas

Setelah menyimak perbedaan antara tandon air stainless steel dan tandon air galvanis, jadi memahami dengan baik mana tandon air yang lebih efektif untuk anda gunakan. Agar anda tidak salah pilih, anda bisa menggunakan tandon air stainless steel GRAND. Karena tandon air stainless steel GRAND ini menggunakan bahan stainless steel Bright Annealed tipe 304 yang langsung diimpor dari Jepang. Menjadikan permukaan tandon air stainless steel GRAND ini mengkilap dan mudah untuk dibersihkan. Tandon air stainless steel GRAND juga tidak berbau dan tidak berlendir.

Tandon Air Stainless Steel Tahan Suhu Tinggi

Tandon air stainless steel GRAND tahan terhadap karat karena menggunakan bahan stainless steel yang berkualitas. Tandon air stainless steel GRAND juga tahan terhadap suhu tinggi maupun cuaca ekstrim. Sehingga, anda bisa dengan bebas meletakkan tandon air stainless steel GRAND ini di dalam maupun di luar ruangan. Karena ketahanan tandon air stainless steel GRAND ini, menjadikan air yang tersimpan tidak mudah terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya. Selain itu, tandon air stainless GRAND ini juga bebas dan terhindar dari lumut, virus, maupun mikroorganisme yang bisa mencemari air bersih pada tandon.

Penutup

Tandon air stainless steel GRAND juga dapat menampung cairan kimia dengan pH 2,0 hingga 7,0 secara aman. Jadi, anda sudah dapat menentukan tandon air yang tepat untuk anda gunakan bukan? Gunakan saja tandon air stainless steel GRAND, yang tahan karat, awet untuk digunakan jangka panjang, serta dapat menyimpan air bersih maupun cairan kimia dengan baik. Sekian dulu pembahasan mengenai perbedaan tandon air stainless steel dan tandon air galvanis ini. Semoga dengan ulasan ini anda bisa mendapatkan referensi baru untuk memilih tandon air yang tepat.