5 Tips Mencegah Tangki Air Berlumut, No. 3 Paling Ampuh

5 Tips Mencegah Tangki Air Berlumut

Pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Agar tidak capek menguras dan membersihkan tangki air atau toren yang berlumut. Berikut 5 Tips mencegah tangki air berlumut, no. 3 Paling ampuh. Ikuti tipsnya hingga tuntas.

Tips yang kami bagikan sangat praktis dan mudah dipraktekkan. Bisa mengatasi lumut yang membandel atau sudah mengerak dalam tangki atau toren.

Semoga dapat membantu memberi solusi bagi anda yang mengalami masalah tangki airnya cepat sekali berlumut, air berlendir, kadang air juga berbau. Sebelum melakukan tipsnya kamu harus tahu penyebab tangki air berlumut.

Lumut Musuh Utama Tangki Air

Permasalahan utama pada tangki air adalah lumut dan rembes (bocor halus). Tangki atau tandon yang berlumut ditandai dengan air yang tidak jernih, terdapat bakteri, air berlendir dan air berbagau.

Apabila tangki atau tandon airmu mengalami salah satu ciri diatas, sebaiknya langsung lakukan pengecekan kondisi tangki atau tandon toren anda. Segera lakukan pengurasan dan pembersihan agar lumut tidak segera merambah ke segala dinding tangki.

Menguras tangki air yang berlumut tentu sangat melelahkan, apalagi kalau lumutnya sudah tebal. Meskipun sudah dibersihkan total, lumut akan datang kembali. Tentu harus menguras kembali.

5 Penyebab Tangki Air Berlumut

Agar setelah dibersihkan lumut tidak kembali lagi, maka ikuti 5 tips mencegah tangki air berlumut. Agar lumut tidak betah tinggal dan tumbuh dalam tangki atau tandon air. Terlebih dahulu kenali dahulu penyebab tangki air berlumut.

Setidaknya ada 5 penyebab tangki air ini berlumut, diantaranya adalah :
Sinar UV Matahari
2. Warna Tangki
3. Air Baku Kotor
4. Perlindungan Anti Lumut.
5. Kelembapan Udara

1. Sinar Matahari
Penyebab terbesar tandon tangki air berlumut adalah paparan sinar matahari. Tangki atau toren air umumnya dipasang diatas rumah atau dibuatkan menara. Sehingga secara langsung terkena sinar matahari. Jika Tangki air atau toren air mudah tembus matahari, maka akan cepat berlumut.

Artikel terkait :  Toren Air Grand Anti Lumut Gratis Ongkir

2. Warna Tangki Air
Warna tangki air yang mudah tembus cahaya juga menyebabkan mudahnya lumut tumbuh. Di antara warna yang mudah tembus cahaya matahari adalah warna putih, orange cerah, biru muda, dan lain-lain.

3. Air Baku Kotor
Air yang kotor mengandung jamur paling cepat membuat tangki atau tandon air berlumut. Kualitas air yang keruh, kotor, mengandung tanah atau senyawa lain, sangat mempengaruhi  terhadap pertumbuhan lumut dalam tandon.

4. Perlindungan Anti Lumut
Sebuah tangko yang yang tidak dibekali perlindungan anti lumut bisa di tumbuhi lumut. Meski air yang disimpan bersih, dan sudah dilindungi dari sinar matahari.

5. Kelembapan
Lumut cepat berkembang di daerah yang lembap. Tangki air yang berisi air dan terkena paparan sinar matahari dari luar bisa menyebabkan meningkatnya kelembapan suhu dalam tandon air, sehingga lumut cepat tumbuh dan berkembang.

5 Tips Mencegah Tangki Air Berlumut

Gunakan tips berikut guna mencegah tangki air berlumut. Agar kamu tidak capek lakukan pembersihan dan pengurasan. Hemat biaya perawatan, perhatikan no 3 sangat ampuh mencegah lumut balik lagi.

1. Pelindung Sinar Matahari
2. Warna Gelap
3. Protection Anti Lumut Technology
4. Gunakan Tawas atau kapoirit
5 Bersihkan Secara Berkala

  1. Pelindung sinar matahari : berikan perlindungan dari sinar matahari langsung dengan di berikan peneduh seperti atap atau paranet./waring. Minimal ada upaya memperlambat pertumbuhan lumut.
  2. Warna Gelap : lapisi dinding luar tandon dengan cat warna gelap agar sinar matahari tidak dapat menembus masuk kedalam tangki air. Gunakan cat minyak untuk mengecat dinding luar tandon air. Jangan gunakan cat air atau cat tembok.Cara lain dapat gunakan dengan membungkus tangki dengan terpal warna gelap secara menyeluruh.
  3. Protection Anti Lumut Technology : Gunakan tangki air yang telah memiliki proteksi anti lumut diantaranya adalah Triple layer protection, light block tehnology, thermal stabilizer, double inner protection, Anti microbial.Dengan perlindungan extra anti lumut tersebut, lumut ogah tumbuh dan berkembang dalam tangki.  meskipun tangkimu terkena sinar matahari langsung, menggunakan air sumur atau PDAM, dan perubahan cuaca ekstrem.
  4. Gunakan tawas atau kaporit : Jika air yang tersimpan dalam tandon air atau toren tidak jernih atau mengandung jamur dan kotoran. Karena tawas dan kaporit mampu membunuh jamur dan bakteri dalam air. sehingga lumut tidak mudah tumbuh. Tidak disarankan airnya digunakan untuk memasak dan minum.
  5. Bersihkan Secara Berkala : Lakukan pembersihan tangki secara berkala, kenali lebih awal tanda-tanda tangki akan ditumbuhi lumut. Segera bersihkan sebelum mengakar dan berkembang dengan cepat.
Artikel terkait :  5 TIPS BERSIHKAN LUMUT BANDEL DI TANGKI AIR

3 Tips Membersihkan Tangki air yang berlumut

Gunakan Sabun Pemberih
Bersihkan tangki menggunakan sabun pembersih seperti sabun pencuci piring dan sejenisnya. Gosok dengan halus menggunakan kain, hindari menggunakan sikat yang kasar, akrena dapat mengikis lapisan anti lumut.

Jangan Gunakan Karbol Atau Sejeninya
Sebisa mungkin jangan gunakan karbol untuk membersihkan dinding dalam, karena dapat mengikis lapisan anti lumut dan pigmen tangki. Sehingga warna mudah pudar sehingga tembus cahaya matahari.

Bilas Dengan tuntas
Lakukan pembilasan dengan bersih, ulangi 2-3 kali. sehingga akar lumut betul-betul bersih dari dinding. Sehingga lumut tidak mudah menempel kembali.

Tangki air Grand Anti Lumut

Mencegah tangki air berlumut

Dengan menggunakan tangki air Grand sebagai tandon air sangat mengurangsi durasi waktu pembersihan dan pengurasan dari lumut. Air dalam tangki terjaga kehigienisannya, tetap jernish dan bersih. Tidak mudah keruh, berlendir dan berbau. Sehingga jarang lakukan pembersihan.

Karena tangki air Grand Anti lumut telah dibekali dengan teknologi anti lumut yang lengkap yaitu :

  • Triple Layer Protection
  • Light Block Technology
  • Thermal Stabilizer
  • Inner Double Protection
  • Anti Microbial
  • Silver Ion Anti Virus
  • Filter Udara

Tangki air Grand diletakkan dalam luar ruangan terkena sinar matahari tetap aman, meski dalam jangka panjang. Lumut Sulit berkembang karena perlindungan yang berlapis-lapis.

Perubahan cuaca yang ekstrem tak mampu mempercepat tumbuhnya lumut dalam tangki. Air tetap sehat, bebas bakteri dan keluarga terlindungi dari ancaman penyakit yang disebabkan bakteri dan virus dalam air.

Selain anti lumut banyak keunggulan tangki air Grand diantaranya adalah :

  • Anti Bocor dan Rembes
  • Tahan Guncangan anti pecah
  • Food Grade Material
  • Sertifikat Halal MUI
  • Garansi hingga 15 Tahun.

Pembelian Tangki Air  Grand
Cara Pembelian Tangki Grand

Untuk Ukuran Rumah Tangga.
Pembelian Tangki air Grand untuk kebutuhan rumah tangga dapat dilakukan secara offline dan online. Untuk pembelian secara offline anda bisa datang langsung ke toko bahan bangunan terdekat. Jaringan toko Tedmond Groups telah tersebar ke seluruh Indonesia.  Apabila di toko bangunan sedang kosong atau belum tersedia dapat menghubungi nomor telephone kantor cabang Tedmond Groups yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, NTT dan Kalimantan.

Artikel terkait :  Tandon Air Stainless Anti Virus Tangki Air Halal Bergaransi

Pembelian Online Tandon Grand dapat diperoleh di marketplace favorit kalian Tokopedia dan Shopee. PROMO GRATIS ONGKOS KIRIM! Setiap pembelian online mendapatkan gratis ongkos kirim ke seluruh pulau Jawa. Untuk wilayah luar Jawa silahkan hubungi admin marketing online kami melalui chat whatsapp. Pengiriman tandon air akan dilakukan oleh kantor cabang terdekat atau melalui jaringan toko yang telah tersebar di seluruh Indonesia.
Tokopedia TedmondShopee Tedmond

Pembelian COD atau bayar di tempat.
Untuk pembelian toren atau tandon air bisa sistem COD atau bayar di tempat. Silahkan hubungi admin marketing online kami pada hari dan jam kerja. Senin-Jum’at 07.30-16.30 Sabtu jam 07.30 -13.00 hari Minggu dan libur nasional akan kami proses pada hari kerja efektif.

Pembelian Untuk Industri dan Proyek

Bagi perusahaan atau kontraktor untuk proyek pengadaan atau pemberian bantuan di seluruh Indonesia dalam jumlah yang besar, kami siap melayani. Gratis pengiriman dan sistem pembayaran yang  mudah. Silahkan hubungi admin marketing online Tedmond Groups melalui Whatsapp chat dan call whatsapp.  Dapat juga menghubungi melalui telephone kantor kami 031-5313234. Alamat Head Office Jl. Kedungdoro No. 149, Surabaya.

Bagi perusahaan yang sedang membutuhkan pengadaan tandon air, kami siap bermitra menyediakan toren atau tangki untuk kebutuhan pabrik anda. Apakah dari plastik maupun stainless. Tersedia tandon air plastik ukuran 300 liter-12.000 liter, dan untuk tangki stainless tersedia ukuran 550 liter -30.000 liter.

Semoga 5 tips mencegah tangki air berlumut di atas dapat membantu mengatasi tandon atau toren air anda yang sedang berlumut dan mencegahnya agar tidak tumbuh kembali. Sangat lebih baik mencegah dari awal dengan memilih tangki air anti lumut Grand.